Cegah virus lewat autorun

ok mid ud slese..
akirny bs duduk lg di depan komputer dengan santai ^^

kali ni mau bahas tentang mencegah virus yang nyebar lewat media autorun. hal ini simpel dan mungkin teman2 ud byk yg ngerti, tp mungkin masi ad juga yang belum ngerti krn gaptek. terus terang ak tau ini juga belum lama..hoho XD. pertama autorun, autorun itu fitur yang fungsinya menjalankan otomatis isi dari removable drive ato CD drive. contoh, klo kita masukin flash, ntar akan muncul box yg berisi opsi2 yang menyangkut isi flash, misal buka isi flash, puter lagu yg ad di flash, dll.
fitur ini bagus, niatnya baek, biar kita gk usah capek2 buka my computer utk liat isi flash ato cd. tp niat baek ini dimanfaatin pihak jahat buat berbuat kriminal (halah jd bahasa kriminal XD) pihak jahat disini maksudny virus, banyak virus memanfaatkan autorun untuk menyebar. gimana carany? gini..virus akan mengedit perintah autorun yg ad di flash, menambah perintah baru untuk menjalankan virus, jadi ketika perintah autorun dijalankan (flash ditancepin) maka perintah virus it juga ikut dijalankan dan otomatis virus menyebar di kompi anda.
jadi dengan mematikan autorun, paling tidak kita akan mengurangi resiko terkena virus, walau kita akan lebih repot untuk membuka flash gara2 harus buka my computer dulu. klo saia, mending repot gitu daripada repot nglawan virus. krn walo antivirus kita up to date, sering scan, tetep masi ad virus yg bisa lolos (konteksny kita pake antivirus free edition ky AVG, Kapersky, Avira, dll.) lain cerita lagi klo bukan yang free edition ato asli beli, it baru menjamin..mana ad barang gratisan hasilnya maksimal? it dia dah taktik dagang..hahaha XD

berikut step2ny buat matiin autorun

For Windows XP Pro
1 klik Start -> Run
2 ketik gpedit.msc dan klik OK
3 box Group Policy akan muncul
4 di tab bagian kiri, klik dua kali Administrative Templates
5 di tab bagian kanan, klik dua kali System
6 scroll ke bawah list didalam System dan klik dua kali Turn Off Autoplay
7 dalam box Turn Off Autoplay Properties, pilih Enabled.
8 dropdown di sebelah Turn Off Autoplay on, pilih All drives, klik OK
9 exit dari Group Policy dengan memilih File, lalu pilih menu Exit

ok gampang og..selamat mencoba.
skrg coba masukin flash kamu, gk bakal muncul deh box autorun ny.
klo ad pertanyaan ato koreksi silakan di komen ^^

Comments :

0 comments to “Cegah virus lewat autorun”

Posting Komentar

Silakan sampaikan komentar anda mengenai postingan saia..